Jumat, 30 September 2011

" Cara KerJa GPS "

Sesuai Dengan judul  " Cara Kerja GPS " yang pertama  kita bahas apa kepanjangan dan pengertian  dari "GPS " dan bagaimana cara kerjanya,,,

GPS kepanjangan dari  Global Positioning System yang merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departermen pertahanan Amerika Serikat. GPS merupakan susunan 27 satelit (3 cadangan ) Setiap Satelit ini mengelilingi bumi dua kali sehari.GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita . Jadi Dimana Pun Kita berada Kita dapat Mengetahui Posisi kita dengan Tepat.
GPS bertugas mencari tiga atau lebih satelit - satelit dengan cara mendeteksi sinyal yang dipancarkan dari satelit tersebut.
GPS  terdiri dari 3 segmen yaitu
  1. Segmen Angkasa : Terdiri dari 24 satelit yang beroperasi pada 6 orbit pada ketinggian 20.200  km dan inklinasi  55 derajat dengan periode 12 jam , satelit akan kembali pada titik yang sama dalam 12 jam . 
  2. Segmen kontrol / pengendali : Terdapat pusat pengendali utama yang terdapat di Colorodo Springs, dan 5 stasiun pemantau lainnya dan 3 antena yang tersebar di Bumi ini. Stasium pemantau memantau semua satelit GOS dan mengumpulkan informasinya kemudian mengirimkan informasi tersebut pada pusat pengendali utama dan kemudian informasi tersebut dikoreksi dan dikirim ke satelit GPS.
  3. Segmen Pengguna : Pada sisi pengguna dibutuhkan penerima GPS yang biasanya terdiri dari penerima, prosesor  , dan antena sehingga dimana pun kita berada dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan kemudian menghitung posisi , kecepatan dan waktu.
Bagaimana Cara Kerja GPS .??
Penerima sinyal GPS menggunakan prinsip Matematika sederhana yang disebut Trilateration untuk menentukan lokasi. Mirip dengan metode dalam sistem navigasi terestrial  yang merupakan penentuan lokasi berdasarkan perpotongan tiga lingkaran . Lingkaran ini tentunya bersifat 3 dimensi . Anggaplah setiap satelit GPS ini merupakan pusat bola terssebut sedangkan penerima merupakan lokasi yang ingin di tentukan. Penerima sinyal GPS ini lalu akan mencari perpotongan dari ketiga bola ini . titik hasil persinggungan bola inilah yang menjadi lokasi penerima GPS atau dalam hal ini merupakan lokasi orang yang membawa alat penerima tersebut. Agar penangkap GPS dapat menerima sinyal dengan baik, perangkat harus berada diluar ruangan . Sinyal akan hilang jika berada didalam gedung - gedung .
Saat ini , Navigasi berbasis GPS dipakai oleh banyak orang , baik sipil ataupun militer. 
GPS Mempunyai Dua tingkat ketelitian
  • Sistem posisi standar ; Yang disediakan untuk umum . Tingkat akurasi yang dihasilkan adalah 100 m untuk posisi Horisontal dan 150 m untuk posisi vertikal.
  • Sistem Posisi Presisi : Digunakan Oleh Departermen Pertahanan AS dan tidak disediakan untuk umum. 
GPS bukan kompas magnetik, Namun demikian GPS dapat memberi tahu arah mana kita bergerak.


" Semoga Bermanfaat " ^ _^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar