Rabu, 28 Maret 2012

Metode Input Dari Keyboard:



1.      Input Data Melalui Keyboard Menggunakan Utility Scaner
Sebuah objek scanner dapat mengurai input yang dimasukkan melalui keyboard atau dari sebuah file. Scanner memisahkan  inputnya menjadi menjadi token terpisah (yang biasanya dipisahkan dengan spasi), dan kemudian mengembalikannya pada satu waktu. Scanner menyediakan metode untuk mengubah token menjadi nilai dari tipe yang berbeda.
Kita dapat menggunakan utility scanner dalam dua cara, yaitu :
1. Untuk membaca dari keyboard, menggunakan perintah di bawah ini
Scanner input = new Scanner(System.in);
2. Untuk membaca dari sebuah file, menggunakan perintah di bawah ini
Scanner input = new Scanner(new FileStream(“filename.txt”));
Contoh program untuk input string
import java.util.Scanner;
class input1
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner sc = new Scanner (System.in); 
System.out.print(“ Nia : “);
String nama = sc.next ();
System.out.println(“Hello “+ nama);
}
}


2.      Dengan menggunakan import java.io.*;
Proses input dan output (I/O) adalah hal yang paling sering dijumpai pada sebagian besar program yang membutuhkan data-data eksternal. Java menyediakan dukungan terhadap proses I/O dengan menghadirkan paket java.io. Di dalam paket tersebut tersimpan banyak kelas dan interface yang siap pakai. Program Java melakukan proses I/O melalui stream. 
Stream digunakan untuk menangani proses I/O di Java. Input stream digunakan untuk membaca data dan output stream untuk menulis data. Kelas stream yang berbeda, seperti java.io.FileInputStream dan sun.net.TelnetOutputStream, digunakan untuk membaca dan menulis sumber data tertentu. Namun, semua output stream memiliki metode dasar yang sama untuk menulis data dan input stream menggunakan metode dasar yang sama untuk membaca data.
Kemampuan untuk memproses output dalam java dalam bentuk byte atau bytestream diwakili oleh class abstrak OutputStream, sedangkan input diwakili class InputStream. Apabila memproses data karakter atau disebut character stream seperti string atau bilangan maka Java menyediakan class abstrak Reader dan Writer.
BufferedInputStream dan BufferedOutputStream menyediakan fungsi buffer dalam proses output dan input untuk mempercepat dan mengefisiensikan proses. Kedua class ini biasanya digunakan secara bersamaan dengan implementasi class output dan input stream lain.
·         Contoh program untuk input string
import java.io.*;
class Program2
{
public static void main(String[] args) throws IOException
{
System.out.print(“Nia: “);
String nama;
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
nama = br.readLine();
System.out.println(nama + “, kelas B”);
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar