Selasa, 27 September 2011

KOMUNIKASI DATA " BLUETOOTH "

" Bluetooth" ,.. Pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut. Bluetooth merupakan salah satu bentuk komunikasi data. sebelum membahas bluetooth tidak ada salahnya kita membahas apa itu komunikasi data . 
Nah  disini terdapat dua kata yaitu " komunikasi " dan  " Data ". 
Komunikasi merupakan salah satu cara menyampaikan informasi antar entitas (manusia/ mesin ) . 
Data merupakan sebuah gambaran dari konsep dan instruksi formal yang sesuai untuk komuniasi atau proses oleh manusia . berbicara soal komunikasi data,, tentu ada dua hal yang perlu diperhatikan .
pertama , seberapa banyak jumlah data yang hendak dipertukarkan dalam sekali komunikasi . Kedua , bagaimana data yang diitrepetasiakan secara sama antara pengirm dan penerima dan data yang diterima adalah data - data yang dikirim. Hal seperti ini sering disebut sebagai protokol komunikasi .

kembali ke pembahasan awal yaitu "bluetooth". Istilah ini banyak kita temui di setiap ponsel canggih. Saat ini , sudah banyak orang yang mempunyai ponsel tersebut. Dan ketika ditanya pasti mereka akan menjawab fungsi bluetooth yaitu menstranfer data dengan jarak tertentu.
Namun bagaimanakah penjelasan dan  cara kerja bluetooth tersebut ???

Bluetooth merupakan sebuah teknologi tanpa kabel yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dengan jarak jangkauan yag terbatas.Teknologi bluetooth ini menggunakan pita frekuensi 2.4GHz . Dibangkitkan dengan daya listrik kecil sehingga membatasi daya jangkauan hanya sampai 10 mener.
bluetooth sebenarnya hadir ditujukan untuk mengatasi beberapa kendala komunikasi data antarperanti elektronik yang lebih dulu hadir. Yang paling utama memang untuk komunikasi antar peralatan elektronik tanpa kabel. Bluetooth juga digunakan untuk menjembatani komunikasi one by one one to many. Koneksi antar bluetooth terjadi secara otomatis. Bentuk bluetooth berupa card dan mempunyai kemiripan dengan bentuk card yang digunakan Wireless Local Area Network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio  standar IEEE802.11 . namun bluetooth mempunyuai jarak jangkauan lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah dari pada Wireless Local area Network (WLAN).

Sejarah Bluetooth 



Awalnya nama bluetooth itu diambil darin nama seorang raja  di Denmark yang bernama Harald Bluetooth. Spesifikasi bluetooth pertama kali dikembangkan oleh ericsson , yang saat ini menjadi Sony Ericsson dan Ericsson Mobile Platforms. Bluetooth kemudian diresmikan oleh Special Interest Group (SIG) , yang berdiri pada 20 Mei 1999. Organisasi tersebut dididrikan oleh Sony Ericsson , IBM , Intel , Toshiba , dan Nokia.
Sebagai standar radio dan protokol komunikasi , bluetooth dirancang untuk bekerja hemat daya dan jarak jangkauan pendek berbasis transceiver microchip murah. 
Versi pertama bluetooth adalah bluetooth 1.0 dan bluetooth 1.0B. Kemudian berkembang menjadi bluetooth 1.1. Versi ini antara lain mendukung untuk chanel yang tidak dapat terenferensi . Berikutnya tercipta bluetooth 1.2 yang memiliki kecepatan transmisi lebih tinggi dan lebih tahan terhadap interferensi frekuensi radio. dan versi terbaru saat ini adalah bluetooth 2.0 . kecepatan transfer data bluetooth versi 1.0 adalah 1Mbps .Sedangkan Versi 2.0 mampu menangani  pertukaran data hingga 3 Mbps.


Kelebiha Yang Dimiliki Bluetooth
  • Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun transmisinya hanya sekitar 10 meter.
  • Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat.
  •  Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telephone genggam ke komputer
  • Dapat digunakan sebagai perantara modem
Kekurangan Yang Dimiliki Bluetooth  
  • Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar.
  • Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan .
  • Banyak mekanisme dan keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan.
  • Di Indonesia sudah banyak beredar Virus - virus yang disebarkan melalui bluetoothdari handphone.
semoga bermanfaat ...
Terima kasih... !!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar